Kode Etik Internal

 

Kode Etik Internal Guna menjunjung profesionalisme wartawan Manuver.News. Maka dengan itu, Manuver.News membuat Kode etik jurnalisnya sebagai garis standar jurnalis Manuver.News dalam menjalankan tugasnya.

Kode etik Manuver.News ini disusun tetap mempertimbangkan Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI) yang telah ditetapkan Dewan Pers pada Maret 2006.

1. Saat menjalankan tugas jurnalis Manuver.News dilengkapi dengan identitas (kartu pers) dan tercantum dalam Box Redaksi.

2. Wartawan Manuver.News tidak dibenarkan menerima sogokan atau amplop maupun barang apapun dari narasumber yang mepengaruhi independensinya.

3. Jurnalis Manuver.News tidak dibenarkan mengirimkan berita prapublikasi kepada narasumber.

4. Jurnalis Manuver.News tidak dibenarkan menjiplak hasil karya jurnalis lain serta mengakuinya sebagai karya sendiri.

5. Jurnalis Manuver.News wajib menerangkan sumber kutipan dengan jelas. Misalnya mengutip informasi dari media lain. Sepanjang, kutipan tersebut dari berita yang sudah dipublikasikan.

6. Keberatan narasumber atas berita yang dipublikasi wajib dilayani melalui hak jawab yang proporsional.

7. Jurnalis Manuver.News segera meralat informasi yang diketahuinya salah dan tidak akurat yang terlanjur dipublikasi.

8. Jurnalis Manuver.News wajib melindungi identitas sumber anonim, tetapi jika informasi yang diberikan sesat dan bohong, jurnalis berhak membuka identitas si narasumber dengan catatan demi kepentingan hukum.

Kode etik ini masih dalam perkembangan, dapat kami lengkapi demi penyempurnaan lebih lanjut.

0Shares