Realisasikan Program P3-TGAI, P3A Cisolontod Jalankan Amanah

KBB, MANUVER NEWS | Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi selanjutnya disingkat P3-TGAI adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A).

P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawa cita ke tujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan.

Hal ini jg yg dilakukan oleh Komarudin selaku Ketua P3A Cisolontod Desa Margalaksana Kec. Cipeundeuy Kab. Bandung Barat. Pihaknya telah menerapkan pembangunan jalur irigasi di Kp. Ciasih Rt. 02/ 10 melaui program P3-TGAI sepanjang 368M dengan lebar bawah 35Cm dan atas 30Cm. Program ini melibatkan langsung masyarakat sekitar Kp.Ciasih yg mayoritas adalah petani.
Komarudin sebagai Ketua menyampaikan bahwa program ini merupakan pembangunan yang d tunggu-tunggu oleh masyarakat Kp. Ciasih yg mayoritas adalah petani, karena tentunya pembangunan jaringan irigasi ini manfaatnya sangat besar bagi sektor pertanian Desa Margalaksana, ujar Komarudin. (Rendy A)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *