SMPN 1 Cisoka Gelar Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Banten

TANGERANG – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cisoka menggelar Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tahun 2021 Tingkat Provinsi Banten. Selasa (30/03/2021).

Kelapa Sekolah SMPN 1 Cisoka Wawan Alwani menyampaikan program sekolah sehat yang diusungnya, dengan mengandalkan penerapan laboratorium alam menjadi wahana pendidikan secara alamiah, tinggal siswa/siswi menerapkan dan terus belajar dari lingkungan akan pentingnya kesehatan, kebersihan, kebun toga dan pentingnya sanitasi sekolah menjadi benteng pertahanan sekolah.

” Di sekolah ini, alam menjadi pelajaran penting, kebersihan dan sanitasi menjadi benteng pertahanan sekolah, Sanisek merupakan program unggulan pak Bupati Zaki untuk mengedukasi siswa ” ujarnya.

Lingkungan sekolah harus bersih, indah, tertib, rindang, dan memiliki penghijauan yang memadai. Juga ruang kelas yang memenuhi syarat kese­hatan (ventilasi dan pencahayaan cukup), ruang serta peralatan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang ideal.

“ Bukan hanya sekedar kompetisi atau lomba. Kebersihan sangat penting dan dimulai dari kita, Karena kebersihan itu adalah sebagian dari iman ” Ucap Wawan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid, mengatakan SMPN 1 Cisoka sudah mengikuti Lomba sekolah sehat Tingkat kecamatan, tingkat kabupaten hingga saat ini penilaian tingkat Provinsi Banten untuk dilombakan kembali ditingkat nasional, karena secara infrastruktur layak untuk menjadi percontohan sekolah sehat.

” Disini secara lokasi sudah memiliki nilai, mulai dari penataan sekolah, kebersihan sekolah hingga Sanitasi Sekolah yang terus terawat ” ungkap Sekda.

Lanjut Sekda, sekolah sehat merupakan Salah satu upaya/program peningkatan kesehatan yang berkaitan langsung dengan anak sekolah adalah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dengan Program utama yang dikenal sebagai “Trias UKS”.

” Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat. Dalam konteks ini, maka UKS merupakan salah satu wahana yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak usia sekolah ” umgkap Sekda. (Sep/Her)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *