Dengan Disiplin Prokes, SMP Negeri 2 Cipatat Gelar Sosialisasi Penyaluran Dana PIP

Bandung Barat – SMP Negeri 2 Cipatat melaksanakan sosialisasi penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP) untuk 41 siswa sesuai Surat Keputusan (SK) pencairan Maret 2021. Peroses pencairan dilaksanakan secara kolektif sesuai dengan arahan dari Bank BRI selaku penyalur dana PIP, Selasa (03/21).

Kegiatan yang berlangsung di gedung SMPN 2 Cipatat itu dilaksanakan dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan (prokes) sesuai anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penularan virus covid-19.

Mengingat pentingnya peran fungsi sekolah dalam penyelenggaraan Program Indonesia Pintar (PIP) perlu adanya sosialisasi terhadap siswa dan wali siswa dengan memberikan pengarahan terkait penerima PIP perihal penyaluran dan ketentuan penggunaan dana, untuk itu SMPN 2 Cipatat hadirkan wali siswa penerima PIP.

Besaran nominal yang diterima untuk 41 siswa berbeda, ada yang Rp750 ribu dan 375 ribu, sesuai dengan SK Pencairan, bagi peserta didik dalam masa semester genap khusus kelas 9 mendapat bantuan sebesar Rp375 ribu. Sedangkan kelas 7-8 mendapat bantuan uang sebesar Rp750 ribu, kemudian pada semester gasal, siswa didik kelas 7 akan mendapat bantuan sebesar Rp750 ribu, sedangkan kelas 8-9 mendapat bantuan sebesar Rp375 ribu.

” Perlu diketahui penentuan pencairan dan siapa saja yang cair itu yang menentukan adalah pihak kemendikbud, sekolah hanya membantu proses pencairan dan membagikannya secara langsung tanpa ada potongan” Terang Wakasek Kesiswaan SMPN 2 Cipatat Anjar Yogasmana, S.Pd.

Dalam acara tersebut Kepala Sekolah H. Husein Yuhana, S.Pd., M.Pd didampingi Ketua komite, dengan dihadiri Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Nyalindung menyampaikan untuk dana PIP agar dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.

“ Kesuksesan dibidang pendidikan sangat bergantung pada pemenuhan kebutuhan belajar, seperti perlengkapan sekolah, buku materi pelajaran, alat praktek dan sebagainya, hendaknya dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan itu ” tutur H. Husein.

Secara simbolis dana bantuan PIP diberikan langsung kepada orang tua siswa penerima, Selasa (03/21).

” Adanya program bantuan PIP, ini bisa mengatasi peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya ” Ungkap Kepala Sekolah SMP 2 Cipatat H. Husein Yuhana, S.Pd., M.Pd.

Seperti diketahui, PIP adalah program pemerintah berupa bantuan tunai pendidikan untuk anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH). Prioritas lain dari program ini adalah para penyandang disabilitas, yatim piatu, dan korban bencana atau musibah lainnya. Semua ini didesain agar mereka tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik formal maupun non formal

Alhamdulilah acara berjalan lancar dan kondusif dengan tetap menerpakan protokol kesehatan yang ketat”. Ucap H. Husein. (Dede/Arb)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *