Bursa Pilpres 2024 Makin Semarak, Survey Tunjukkan Peringkat Dua Untuk Ridwan Kamil

Bursa pilpres makin semarak, beberapa nama familiar mulai muncul ke permukaan, meskipun pilpres baru akan digelar 3 tahun lagi. Salah satunya gubernur jawa barat, kang emil, sapaan akrab untuk Ridwan Kamil.

Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada pada urutan kedua setelah Prabowo Subianto dalam hasil survei calon yang akan maju dalam Pilpres 2024. Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku bersyukur menanggapi survei dari IndEX Research.

Survei dilakukan pada 25 Februari-5 Maret 2021 dengan melibatkan 1.200 responden mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan secara acak terhadap responden survei sebelumnya yang dilakukan sejak 2018, margin eror sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, Prabowo Subianto memiliki elektabilitas di posisi teratas dengan angka 20,4 persen. Di bawahnya ada nama Ridwan Kamil dengan angka 14,1 persen. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempel dengan 13,5 persen.

Peneliti IndEX Research, Hendri Kurniawan, mengatakan, peningkatan elektabilitas Ridwan Kamil tidak terlepas dari aktivitas politiknya tidak memiliki dinamika. “Tidak ada satu hal yang bersifat menyerang dan mendelegitimasi dia,” ucapnya, Senin (15/3).

Salah satu tantangan yang akan dihadapi Ridwan Kamil adalah konsistensi dalam menjalankan tugasnya sebagai gubernur sekaligus menjaga namanya tetap berada di tengah publik. “Karena kalau negatif, popularitas tidak ekuivalen dengan elektabilitas. Ada kan yang dikenal tapi tidak disukai dan dipilih. Termasuk menjaga prestasi,” paparnya.

Menanggapi hasil survei itu, Ridwan Kamil menegaskan tidak mengondisikan pihak-pihak dalam pembuatan survei tersebut. Selain itu, dia tidak memiliki buzzer yang menginformasikan mengenai kebijakannya di media sosial.
“Buzzer juga tidak ada, jadi kalau ternyata ada kenaikan saya syukuri, tapi hidup ini bekerja bukan dalam rangka untuk ada poin elektabilitas atau tidak dan urusan 2024, tidak matematis,” ucap Ridwan Kamil.

“Sekarang tinggi masih berjodoh, survei membuktikan tidak selalu begitu, jadi yang penting mah kerja fokus, saya mah pengen liat Covid-19 beres baru ngomongin yang lain-lain,” tegas dia.

Credit : Merdeka.com

Editor : Elsa Krismawati

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *