Subuh Berjamaah Keliling dan Magrib Mengaji, Ahmad Yani : Program Unggulan Desa Kami

BOGOR – Program subuh keliling ( Subling ) dan magrib mengaji di Desa Sukanegara Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor, merupakan program unggul Desa Sukanegara. Menurut, Ahmad Yani SH ( Kepala Desa Sukanegara ) kegiatan tersebut akan menjadi gerakan membangun spritualitas, sosial dan kultur dikalangan pemerintah desa dan masyarakat.

“Program subuh keliling dan magrib mengaji merupakan program unggulan desa kami. Untuk gerakan subuh keliling, kami laksanakan setiap satu minggu sekali, kami keliling ke setiap kampung melaksanakan sholat subuh berjamaah dengan masyarakat. Kami berharap program ini selain membangun spritual masyarakat, juga bisa membangun kebersamaan dan solidaritas sosial” paparnya Ahamd Yani.

Dalam kegiatan subuh keliling tesebut, dipimpin langsung Kepala desa dan diikuti seluruh perangkat desa dan tokoh masyarakat. “Alhamdulillah respon kegiatan tesebut sangat bagus dimasyarakat” katanya.

Gerakan Subuh keliling, lanjut Ahmad Yani SH, diharapkan menjadi sarana membangun kultur dan budaya, baik budaya silaturahmi, sosial dan gotong royong masyarakat.

Selain program gerakan subuh keliling, Ahmad Yani SH, juga mengisi kegiatan tesebut dengan sosialisasikan ajakan ‘Dekati agama, Jauhi narkoba’.

“Setelah subuh keliling kami juga mengajak kepada masyarakat agar menjauhi narkoba, yang sangat berbahaya, bisa merusak kehidupan kita. Kami mengajak kepada masyarakat, dekatilah agama agar kita bisa hidup dijalan yang benar, jangan mendekati hal-hal yang bersifat tidak baik yang justru bisa merusak diri kita dan sesama” ungkapnya.

Lanjut, Ahmad Yani SH, mari kita kompak lebih mendekatkan diri kepada hal-hal yang positif, kita bangun budaya dan kultur yang baik, kita tumbuhkan lagi kebersamaan dan gotongroyong dimasyarakat.

Ahmad Yani SH, juga menjelaskan selain gerakan subuh keliling juga menumbuhkan gerakan budaya dimasyarakat, magrib mengaji, matikan TV dan handphone. Menurutnya gerakan magrib mengaji ini sangat perlu dijalankan, karna melihat dikalangan masyarakat sekarang anak-anak banyak main keluar, banyak main handphone dan lain sebagainya.

“Gerakan magrib mengaji ini bertujuan agar anak-anak di Desa Sukanegara diharapkan aktif, hadir, dan betah di masjid. Jadi setelah sholat magrib tidak langsung pulang ke rumah, tetapi di asuh oleh kyai dan ustad. Sehingga mereka tidak fokus pada televisi, gadget, atau game. Diharapkan orang tua juga terlibat aktif di dalamnya” Pungkasnya. ( Rendi Permana )

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *