Program Padat Karya Tunai Desa Diwilayah Desa Ragemanunggal Saat Ini Sedang Terealisasi

BEKASI – Melalui Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD)  tahun anggaran 2020,  Pemerintah Desa Ragemanunggal Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi melaksanakan pembangunan jalan terobosan baru melalui jalan pemakaman yang berlokasi Kp Sadang Rt 001/004.

Kepala Ragemanunggal Endi, menjelaskan bahwa  pembangunan jalan menuju ke pemakaman ini untuk mendukung sarana transportasi warga. Dan program normalisasi ini sendiri  dikerjakan pada tahun ini.

“Pembangunan jalan ini sudah lama direncanakan  untuk dibangun Selain itu, pelaksanaan PKTD ini sesuai arahan menteri desa.  Program PKTD juga untuk pemberdayaan masyarakat Desa Ragemanunggal yang bersifat produktif,” jelasnya, Ahad (07/02/2021).

Ia juga mengatakan bahwa  di era pandemi Covid-19, sebagian masyarakat kesulitan mencari mata pencaharian.

“Sesuai arahan Kementerian Desa,  PKTD ini harus dilakukan, puluhan warga Desa Ragemanunggal  diberdayakan untuk mengerjakan normalisasi jalan sepanjang…..  Kita tidak membatasi,  yang mau kerja silahkan. Kegiatan padat karya ini memanfaatkan sumberdaya tenaga lokal yang ada dengan tujuan untuk menambah pendapatan warga.” Tuturnya.

Lebih jauh Kades Ragemanunggal mengatakan program PKTD sesuai himbauan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) yang menghimbau agar Dana desa yang masih tersisa di gunakan untuk Program Padat Karya Tunai Desa ( PKTD) sebagai upanya memutar roda ekonomi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran desa.

“Hari ini kami melakukan  PKTD di  dengan membangun jalan menuju arah pemakaman melalui terobosan baru. Program padat karya tunai desa ini  dari anggaran  dana desa di mana anggaran tersebut sesuai kebutuhan dusun nya masing-masing dan anggran PKTD langsung di serah kan kepada TPK (tim pelaksana kegiatan).” Pungkasnya

Ditempat yang sama salah seorang pegawai yang kerap enggan di panggi namanya, ia mengatakan program padat karya tunai desa(PKTD) untuk pembangunan jalan kepemakaman.

Ia mengapresiasi warga dan semua pihak yang sudah membantu kegiatan PKDT.

“Kami berterimaksih kepada pemerintah, masyarakat dan semua pihak yang sudah membantu kegiatan PKDT ini masyarakat  mengerjakan secara bergotong-royong dan juga masyarakat Dusun merasa sangat terbantu dengan adanya  program PKTD dari pemerintah ini.” Tutupnya. ( Nasro )

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *