Pemerintah Desa Balekambang Distribusikan 376 Kartu Sembako Kepada Masyarakat

BOGOR – Keluarga yang saat ini terdampak Covid-19 patut bergembira, pasalnya program Kementerian Sosial (Kamensos) yang pernah dicanangkan sudah disitribusikan melalui pemerintah desa. Ada beberapa pintu program bantuan dari pemerintah yang harus diketauhui, seperti BLT-DD, PKH, Banprov, BanPres, BanBup dan program kartu sembako BPNT ( Bantuan Pangan Non Tunai ).

Program-program inilah yang akan distribusikan oleh pemerintah melalui pemerintah desa dan kantor pos. Saat ini banyaknya warga yang terdampak wabah Covid-19, yang sangat membuat warga berharap dapat bantuan pemerintah.

Pada Senin 01 Februari 2021, Desa Balekambang, Kecamatan Jonggol  Kabupaten Bogor melaksanakan pendistribusian kartu sembako atau BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) yang bukan bebentuk uang, akan tetapi kartu berisi saldo Rp. 200.000, kemudian bisa ditukar dengan sembako di warung khusus yang ditunjuk Bank Mandiri yang bekerja sama dengan Dinas Sosial TKSK.

Warga yang datang antusias, seperti dikatakan Kepala Desa Balekambang, Anap. Disebutkan ada 376 KPM yang menerima kartu sembako atau program BPNT untuk Beberapa bulan kedepannya.

“Sebelumnya kami sudah mendistribusikan bantuan provinsi yaitu paket sembako dan uang tunai Rp. 150.000 di distribusikan melalui kantor pos”, Ujarnya Kades.

Program Kemensos berupa beras 30 kg per-KK pun sudah di distribusikan kepada Keluarga penerima manfaat.

“Semua itu kami distribusikan sesuai data dari dinas sosial, karena kami tidak punya kewenangan dalam menentukan siapa saja yang berhak menerima, akan tetapi kami akan melakukan pengecekan data tersebut, jika ditemukan data yang tidak sesuai kriteria maka kami akan kaji ulang melalui musyawarah desa untuk menentukan apakah dialihkan atau dipindahkan kepada penerima baru dengan kriteria yang pantas dan pas,” Jelasnya.

Selanjutnya. Kata Anap Kades Balekambang, pihaknya tengah menunggu bantuan bupati, karna bantuan ini adalah cadangan untuk distribusikan kepada penerima yang belum mendapat bantuan.

“Saya berharap adanya bantuan ini bisa sedikit meringankan beban warga yang saat ini sedang sulit dalam hal ekonomi. Untuk itu, kami pemdes Balekambang selalu berupaya memprioritaskan kebutuhan warga, dengan cepat kami salurkan bantuan tersebut. Kami mengimbau pada warga agar tetap tenang dan sabar dalam menghadapi cobaan ini. Akan tetapi ikuti protokol kesehatan dan pshycal distancing supaya wabah ini tidak cepat menyebar Lebih Luas dan wabah ini hilang dari kita semua,” pungkasnya. ( Rendi Permana )

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *