Mahasiswa Unsub Subang, Akan Bangun Pembangkit Listrik Teknologi Micro Hydro di Tanjungwangi

SUBANG – Bersama Pemerintahan Desa Tanjungwangi melalui Kepala Dusun Tanjungwangi dan Ketua RT 02, Tim Mahasiswa UNSUB Subang Fakultas Teknik Prodi Teknik Mesin melakukan survey penentuan titik lokasi dan debit air sungai dan selokan di wilayah Kp. Tanjungwangi Desa Tanjungwangi Kec. Cijambe Kabupaten Subang, Minggu 31 Januari 2021.

Survei dimaksud dalam rangka perencanaan pembangunan pembangkit listrik tenaga air memanfaatkan saluran air sungai/selokan melalui teknologi micro hydro untuk penerangan jalan lingkungan di wilayah RT 02 Kp. Tanjungwangi.

Pembuatan perencanaan program ini dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai prasyarat ujian akhir di kampus sehingga ada nilai manfaaat sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian terhadap masyarakat secara umum.

Survey yang dilakukan hari ini adalah melakukan pengukuran debit air untuk menentukan rancangan turbin yang akan dibuat. Kegiatan pembangunan ini diprediksi memerlukan anggaran sekitar 8 (delapan) juta rupiah, daya yang akan dihasilkan sebesar 500 watt dan proses pengerjaan selama dua minggu.

Ketua Kelompok Mahasiswa Unsub Subang, Andi Yusuf Sopian memaparkan rencana kegiatannya, “Saya sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir, tujuan penelitian ini adalah untuk Penerangan Jalan Umum dengan menggunakan pembangkit listrik mikro hydro, dan saya melihat potensi yang cukup bagus untuk dilakukannya penelitian di kampung Tanjungwangi. Mudah-mudahan rencana ini dapat terealisasi dan bermanfaat bagi warga disini” Jelasnya.

Pemerintah kedusunan dan warga masyarakat di lingkungan RT 02 Kp. Tanjungwangi memyambut baik tentang rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh para mahasiswa Universitas Subang ini.

Kadus Tanjungwangi Alan Komarudin mengapresiasi dengan akan dibuatnya PLMH (Pembangkit Listrik Mikro Hydro) ini.

“Alhamdulilah saya ucapkan terimakasih kepada para mahasiswa unsub subang, kami sangat mendukung/mensupport kegiatan tersebut mudah-mudahan bisa terealisasi dan bermanfaat bagi warga masyarakat, berjalan lancar juga sesuai dengan rencana dan harapan”. Ungkapnya.

Ketua RT 02 Ujang Wawan juga mengatakan merasa senang dengan adanya rencana pembuatan pembangkit listrik ini.

“Alhamdulilah saya kedatangan mahasiswa unsub yang mempunyai rencana pembuatan pembangkit listrik dan harapan saya selaku ketua RT 02 Berkah merasa gembira dan berharap kepada warga dilingkungan terdekat bisa membantu untuk konsumsi secara swadaya”, Tuturnya.

Komentar lain juga datang dari tokoh pemuda di lingkungan RT 02 Nurwidi Asmoro, S.Kom juga selaku sekretaris Karangtaruna Desa Tanjungwangi “Ini merupakan termasuk inovasi, inovasi di bidang teknologi yang memang harus kita dukung karena dengan dasar inovasi kecil ini kedepannya akan mengasilkan inovasi-inovasi besar, jadi apa yang dilakukan teman-teman dari universitas subang ini harus kita support bersama, semampu kita demi arah yang lebih baik”, Tegasnya. ( Aze )

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *