Cegah Banjir, Warga Kampung Tanjungwangi bersihkan Sungai

SUBANG – Warga masyarakat Kampung Tanjungwangi RT 04/05 RW 02 bersama Pemerintah Desa Tanjungwangi Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang bersinergi dengan lembaga desa serta Dinas Pengairan PJT 2 Subang membersihkan sekitar aliran Sungai Cidahu, Minggu, 31 Januari 2021.

Kegiatan ini sebagai upaya mencegah terjadinya banjir musiman di wilayah Dusun Tanjungwangi Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang, khususnya di area yang terlintasi Sungai Cidahu.

Peserta normalisasi menerapkan protokol kesehatan saat berkegiatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Secara geografis Sungai Cidahu merupakan salah satu sungai yang membentang dari Kampung Palasari sampai hilir cileuleuy udik. Saat ini kondisi Sungai Cidahu dipenuhi oleh sedimentasi dan sampah dari hulu sungai sehingga terjadi pendangkalan dan luapan air.

Mencegah terjadinya banjir, maka dilakukan kegiatan normalisai dan pengerukan secara manual di sepanjang sungai Cidahu.

Kepala Desa Tanjungwangi, Budi Santoso, SE, menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka penanggulangan terjadinya luapan air.

“Kegiatan gotongroyong kerja bakti bersama seluruh warga masyarakat ini kami lakukan untuk mengantisifasi luapan air dan ternyata di bantaran sungai cidahu ini terdapat beberapa hambatan, diantaranya banyak tumpukan sampah dan batu sehingga terjadi pendangkalan saluran air tersebut” Ungkapnya.

“Harapan kami bersama warga mdah-mudahan dengan dilakukannya gotong royong ini tidak terjadi lagi genangan air di beberapa rumah warga yang dilintasi sungai cidahu, kami ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak, warga masyarakat Kp. Tanjungwangi, para lembaga desa, BPD, Babinsa TNI AD, LPM, Karangtaruna, perwakilan Dinas Pengairan PJT 2 Subang” Paparnya.

Mudah-mudahan ini menjadi kegiatan rutinitas pemerintahan Desa Tanjungwangi. Lanjut, Budi Santoso, SE, salah satu bentuk untuk melayani warga masyarakat Desa Tanjungwangi Pungkasnya. ( Aze )

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *