SDN 01 Sukajadi Tingkatkan Mutu Pendidikan

BEKASI – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Sukajadi Desa Sukajadi Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi Terus berupaya mewujudkan peserta didik menjadi generasi bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Hal tersebut tidak terlepas dari Visi Misi yang juga menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan yang diraihnya. Adapun visi misinya yaitu :

Visi
Membentuk Peserta Didik Menjadi Generasi Bangsa Yang Beriman dan Bertaqwa Kepala Allah SWTz Bertanggungjawab dan Berkepribadian Luhur

Misi
– Menjalankan Ajaran Agama Sesuai Dengan Kepercayaan Yang Dianutnya
– Menciptakan Suasana Kegiatan Belajar Yang Efektif, Inovatif dan Kondusif
– Memotivasi dan Memfasilitasi Tenaga Kependidikan dan Non Kependidikan Untuk Tetap Meningkatkan Profesi Serta Adaftif Terhadap Perkembangan-Perkembangan Ilmu dan Teknologi
– Peningkatan Kulitas Pembelajaran Untuk Mengembangkan Potensi Yang Dimiliki Peserta Didik
– Menata Lingkungan Sekolah Sebagai Lingkungan Pembelajaran
– Pelaksanaan Budaya Bernuansa Islami dan Bermasyarakat

Keberhasilan dalam menjalankan tujuan visi misi tersebut tidak terlepas dari seorang pemimpin atau kepala sekolah yang selalu komitmen dan optimis membangun tim kerja yang efektif serta mengembangkan budaya mutu pendidikan.

Kepala SDN 01 Sukajadi mempunyai rencana dan bercita-cita menjadikan SD ini sebagai SD yang paling unggul dalam berbagai bidang di Kecamatan Sukakarya khususnya, bahkan sampai tingkat Kab/Provinsi.

” Melihat potensi yang ada maka pihak sekolah optimis sekolah ini dapat bersaing dengan sekolah lain. Apalagi didukung para guru yang sangat berpotensi,” ujar Kepala SDN Sukajadi Titin Prihatin.

Menurutnya, keberhasilan tersebut akan dapat diraih apabila dapat bekerja sesuai dengan tufoksi dilandasi kesabaran dan berusaha.

”Tugas pun akan terselesaikan dengan baik sesuai visi dan misi. Apalagi didukung peran serta masyarakat yang baik” Tuturnya.

Lanjutnya, peran serta masyarakat terhadap dunia pendidikan di daerah tersebut tampak cukup baik.

”Namun, kami masih berupaya menjalin silaturahmi dengan masyarakat untuk mengikat hubungan lebih baik lagi ke depan. Sehingga partisipasi masyarakat tetap harmonis,” imbuhnya.

Berdasarkan Permen No. 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana. SDN 01 Sukajadi sekarang yang harus di siapkan prasarana sebagai berikut : Ruang kelas  Peserta didik/Ruang kelas, Laboratorium IPA, Ruang pimpinan, Tempat beribadah, Ruang UKS, MCK, Gudang, Ruang sirkulasi, dan Tempat bermain/orahraga.

Apabila dicermati dari sisi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang memadai. Namun, pada kenyataanya SD ini belum memiliki indikator minimal prasaranan sebagaimana dimaksud.

Untuk itu diharapkan pemerintah agar memperhatikan hal-hal tersebut, demi terciptanya suatu kegiatan pembelajaran yang nyaman dan aman, sehingga apa yang diharapkan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dapat terwujud dengan sebaik-baiknya.

Sedangkan, keunggulan SDN 01 Sukajadi itu bisa dilihat dari keberhasilannya dalam mengikuti kegiatan lomba/kreativitas siswa.

Titin prihatin berharap, pemerintah dapat membantu seluruh kebutuhan di sekolah yang dipimpinya tersebut.

“Pemagaran dan 6 Lokal Kelas  ini sangat penting. Dimana, sekolah sering dijadikan tempat yang bebas untuk hal-hal negatif oleh orang yang tidak bertanggungjawab ketika malam hari, perpustakaan, serta jamban juga sangat penting,” paparnya.

Selanjutnya, menurut Titin Prihati pada momentum kenaikan kelas atau yang akrab dikenal samenan, masih menjadi tradisi di dunia pendidikan setiap akhir tahun ajaran di Kabupaten Bekasi. Namun, seiring peraturan pemerintah tentang sekolah gratis kegiatan ini pun tidak begitu menjadi prioritas. Namun masih ada beberapa sekolah yang tetap memeriahkanya dengan berbagai pentas siswa. Misalnya saja SDN 01 Sukajadi Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi Jawa Barat, mengisi acara samenan dengan berbagai acara diantaranya hasil karya guru dan calung.dan kegiatan para Siswa,

Kepala SDN 01 Sukajadi Titin prihatin, acara tersebut untuk memotivasi siswa agar lebih semangat kembali dalam melaksanakan tugasnya dalam belajar. Selain itu, pihaknya selalu memberikan hadiah pada siswa yang berprestasi.

”Kami juga berharap acara ini lebih meningkatkan disiplin baik guru maupun siswa di sekolah. dan yang paling utama yakni meningkatkan silaturahmi antara guru dengan orangtua siswa,” pungkasnya.

Titin prihatin menambahkan SDN 01 Sukajadi jumlah siswa sebanyak 380 Siswa 7 Guru Pns dan 11 Guru non PNS Sangat bangga khususnya untuk para guru yang tidak mengenal rasa lelah dan terus bersabar dalam menjalankan tufoksinya sebagai guru Ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya merasa gembira atas keberhasilan siswa yang dibinanya selama ini berhasil lulus pada ujian tahun kemaren, Melalui kenaikan kelas kami tingkatkan kualitas mutu pendidikan yang lebih baik serta tuntaskan wajar dikdas sembilan tahun,  paparnya.

Ia berharap, pada ajaran baru tahun 2021 jumlah animo siswa bisa bertambah di banding dengan tahun sebelumnya.

”Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa memicu dan memotivasi baik untuk siswa baru maupun orang tua siswa untuk menarik perhatiannya agar sekolah di sini. Untuk itu, kami mohon semua element dapat berpartisipasi untuk membantu kemajuan dunia pendidikan,” Ucapnya.

Pada samenan yang telah menjadi tradisi akhir tahun ini tutur Titin prihatin, Juga untuk mengetahui keberhasilan siswa dan guru yang telah berhasil dalam mendidik siswa sehingga bisa unggul dalam prestasi baik akademik maupun non akademik.

”Sedangkan orang tua siswa kami yakin pasti akan merasa bangga saat melihat anaknya tampil di atas panggung disamping itu, sebagai pengikat silahturahmi semua pihak khususnya, orang tua siswa dengan pihak sekolah,” pungkasnya. ( O Sobandi )

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *